La Nyalla Mattalitti Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Dana Hibah, Ratusan Pemuda Pancasila Duduki Kejati Jatim

Posted on

Hari Ini Kejati Jatim Tetapkan La Nyalla Mattalitti Sebagai Tersangka Korupsi Dana Hibah

la nyala mattaliti

Sosialberita.net – La Nyalla Mattalitti selaku Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana hibah tahun 2012 sebesar Rp 5 miliar oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. Diduga, dana tersebut dibuat untuk membeli saham di Bank Jatim.

“Pada hari ini Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur menetapkan tersangka atas perkara korupsi Kadin atas nama inisial LN (La Nyalla),” jelas Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Jatim I Made Suarnawan di Surabaya, Rabu (16/3/2016).

Menurut Made, penetapan tersangka kepada La Nyalla Mattalitti berdasarkan surat penetapan dengan nomor Kep-11/0.5/Fd.1/03/2016 tertanggal 16 Maret 2016.

“La Nyalla disangka menggunakan dana hibah yang mengucur dari Pemprov Jatim ke Kadin Jatim pada tahun 2012 untuk membeli saham IPO Bank Jatim. Nilainya sebesar Rp 5 miliar. Sprindiknya untuk korupsi 5 miliar, bukan sprindik TPPU,” terang Made.

Made mengatakan, sprindik tersebut baru, setelah sprindik yang lama dimentalkan pihak Kadin Jatim di gugatan praperadilan di Pengadilan Negeri Surabaya pekan lalu.

“Kalau yang dipraperadilan itu kan sprindik umum. Sprindik baru ini ada tersangkanya, inisial LN,” tandasnya.

Diwaktu yang sama, ratusan kader Pemuda Pancasila (PP) Surabaya melakukan unjuk rasa di depan kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim. Pemuda Pancasila menuntut Kejati untuk membatalkan putusan tersabut.

“Hari ini, kami datang ke Kejati Jatim, karena Pak Nyalla Mattalitti ditetapkan sebagai tersangka. Kejati harus membatalkan putusan itu,” ucap salah seorang kader PP dalam orasinya di depan Kantor Kejati Jatim.

“Semua sepakat untuk menginap di sini. Sebagai kader PP menyuarakan, ada apa Kajati Jatim Maruli Hutagalung sampai nekat menetapkan Pak Nyalla sebagai tersangka. Kami tak ingin Jatim diobok-obok oleh hukum yang tidak pasti,” tandasnya.

agen bola

Gravatar Image
Suka Bergaul Bebas Namun Benci Dengan Pergaulan Bebas

Leave a Reply