Insiden Tabrakan Batik Air ID 7703 Dengan Trans Nusa, Berikut Penjelasan Dari Kedua Belah Pihak

Posted on

Tabrakan Pesawat Batik Air ID 7703 dan Trans Nusa

pesawat batik air

Sosialberita.net – Terjadi insiden tabrakan antara pesawat Batik Air ID 7703 dan Trans Nusa pada senin dinihari tadi di Runway atau landasan pacu Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Soal insiden tabrakan pesawat tersebut, ternyata kedua belah pihak memiliki argumen sendiri-sendiri. Menurut Presiden Direktur Lion Air Group, Edward Sirait, pihaknya sudah mendapatkan ijin dari petugas ATC untuk melakukan lepas landas.

“Pesawat sudah diizinkan take off. Pilot saya sudah mengonfirmasi dan menjalankan pesawat sesuai prosedur. Tapi kenapa ada pesawat lain di runway itu,” tegas Edward saat memberikan keterangan pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (5/4/2016) dini hari.

Sementara penjelasan dari Direktur Utama maskapai Trans Nusa, Juvi, awaknya sudah mendapatkan ijin dari kru throwing untuk memindahkan pesawat ke hanggar sebelah selatan Bandara Halim Perdanakusuma.

“ATR (jenis pesawat) kami sudah throwing di parkir selatan. Kami terima instruksi dan bergerak pindah,” jelas Juvi.

Walau sudah memiliki argumen masing-masing, kedua belah pihak tetap sepakat menyerahkan sepenuhnya kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk melakukan penyelidikan penyebab tabrakan pesawat Trans Nusa dengan Batik Air.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo menjelaskan, insiden tabrakan tersebut terjadi pada Senin 4 April 2016 malam, sekitar pukul 19.55 Wib, dan pada saat itu pesawat Batik Air jenis Boeing 737-800 sedang bersiap-siap lepas landas.

“Tabrakan terjadi dengan pesawat Trans Nusa jenis ATR 42 seri 600 yang sedang throwing menuju ke apron selatan,” terang Suprasetyo ketika memberikan keterangan pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa dini hari.

Suprasetyo menegaskan, dalam insiden tabrakan pesawat Batik Air dan Trans Nusa ini tidak ada korban jiwa. Sebanyak 49 penumpang dan 7 kru pesawat Batik Air Boeing 737-800 dipastikan selamat.

agen bola

Gravatar Image
Suka Bergaul Bebas Namun Benci Dengan Pergaulan Bebas

Leave a Reply