Musim Penghujan, Angka IBU Hamil meningkat

Posted on

Angka Ibu Hamil meningkat Di Musim Penghujanibu hamil

Sosialberita.net- Bumil angka Ibu hamil kian meningkat di musim penghujan, di Kabupaten Mojokerto, jawa Timur berdasarkan informasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Mojokerto sudah terhitung sejak januari hingga September atau tepatnya memasuki musim penghujan, angka Bumil di Kabupaten yang menjadi pusat kerajaan majapahit mencapai 13.066 orang.

Agus Suyoso selaku Kabid Kesehatan Keluarga Dinkes menjelaskan jumlah kehamilan diiringi dengan angka bumil dengan resiko tinggi, selama periode Januari sampai September sudah mencapai 5.925 bumil risti.

Penurutan Agus, dari pihaknya sudah melakukan pemantauan terhadap bumil dengan katagori risti, hal ini sudah tentu meminimalkan resiko saat proses persalinan, oleh karena itu dari pihak dinas Kesehatan Mojokerja menghimbau kepada ibu hamil untuk memereksakan kehamilannya kebidan ataupun kepuskemas.

“terutama bagi ibumil yang mengalami kaki membengkak, harus segera memereksakannya” dikutip dari Jawa Post Radar Mojokerto.

Agus menuturkan ada beberapa factor yang menyebabkan adanya bumil risti, antaranya adalah ibu hamil yang masih berumur muda (kurang dari 16 tahun) bahkan terlalu tua diatas 35 tahun.

Selain itu juga ada factor riwayat kesehatan bumil. Misalnya. Menderita Diabetes, TBC, gangguan jantung dan sebagainnya “makanya setiap ibu hamil melahirkan pasti akan di data siapa pendonor darahnya”ungkapnya.

Resiko juga terjadi pada factor bumil yang pernah melakukan Oprsi Ceasar, melahirkan dengan bayi kembar atau mengalami keguguran, masing-masing mempunyai bobot risti yang berbeda tergantung dari berat atau tidaknya penyakit yang di sandang.

Dari hasil tersebut juga akan dapat dilakukan kategorisasi kehamilan ringan, berat dan sangat tinggi. Agus menambahkan sejak rentang bulan ini sudah terdata bumil rista sebanyak 3.700 jiwa.

 

 

agen bola

Gravatar Image
Si Tukang Tidur Punya Mimpi

Leave a Reply